Counter Pada Jam Digita
1. Skema Rangkaian.
2. Prinsip Kerja.
A. Detik
Pada satuan detik, kita menggunakan pembagi (counter) 10 karena memiliki bilangan sebanyak 10 bit, yaitu 0-9. Pada clock ke 10, nilai biner yang seharusnya 1010, dijadikan kembali 0000. Untuk melakukan ini, input yang bernilai 1 dihubungkan dengan sebuah gerbang NAND. Outputnya dimasukkan pada clear dan hasil input terakhir dijadikan sebagai clock pada puluhan.
Sedangkan untuk puluhan, kita menggunakan pembagi 6 karena memiliki bilangan sebanyak 6 bit, yaitu 0-5. Pada clock ke 5, nilai biner yang seharusnya 0110, dijadikan kembali 0000. Untuk melakukan ini, input yang bernilai 1 dihubungkan dengan sebuah gerbang NAND. Outputnya dimasukkan pada clear dan hasil input terakhir dijadikan sebagai clock pada satuan menit.
B. Menit
Pada satuan menit, kita menggunakan pembagi (counter) 10 karena memiliki bilangan sebanyak 10 bit, yaitu 0-9. Pada clock ke 10, nilai biner yang seharusnya 1010, dijadikan kembali 0000. Untuk melakukan ini, input yang bernilai 1 dihubungkan dengan sebuah gerbang NAND. Outputnya dimasukkan pada clear dan hasil input terakhir dijadikan sebagai clock pada puluhan.
Sedangkan untuk puluhan, kita menggunakan pembagi 6 karena memiliki bilangan sebanyak 6 bit, yaitu 0-5. Pada clock ke 5, nilai biner yang seharusnya 0110, dijadikan kembali 0000. Untuk melakukan ini, input yang bernilai 1 dihubungkan dengan sebuah gerbang NAND. Outputnya dimasukkan pada clear dan hasil input terakhir dijadikan sebagai clock pada satuan jam.
C. Jam
Pada satuan jam, kita menggunakan pembagi (counter) 10 karena memiliki bilangan sebanyak 10 bit, yaitu 0-9. Pada clock ke 10, nilai biner yang seharusnya 1010, dijadikan kembali 0000. Untuk melakukan ini, input yang bernilai 1 dihubungkan dengan sebuah gerbang NAND. Outputnya dimasukkan pada clear dan hasil input terakhir dijadikan sebagai clock pada puluhan.
Sedangkan untuk puluhan jam sedikit berbeda, kita menggunakan pembagi 4 (counter mode 4). Tetapi pada clock ke 2, nilai biner yang seharusnya 0010, dijadikan kembali 0000. Untuk melakukan ini, input yang bernilai 1 dihubungkan dengan sebuah gerbang NAND. Outputnya dimasukkan pada clear.
0 komentar:
Posting Komentar